Wisata Kuliner di Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur terletak di kecamatan Jatiluhur, kabupaten Purwakarta, provinsi Jawa Barat. Waduk ini merupakan waduk terbesar di Indonesia. Pada awalnya bernama waduk Ir. H. Juanda, yang mulai dibangun pada tahun 1957 dengan kontraktor dari Perancis. dengan luas waduk/danau sekitar 8.300 hektar dengan pemandangan indah di sekelilingnya. 


Waduk Jatiluhur merupakan waduk serba guna pertama kali di Indonesia, berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air, penyedia air irigasi untuk sawah, air baku air minum, budidaya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

Dari Jakarta anda bisa melalui tol Purbaleunyi, kemudian keluar di gerbang tol Jatiluhur. Jalan menuju kawasan waduk Jatiluhur lumayan bagus kondisinya. Setelah menemukan gerbang Waduk Jatiluhur anda dikenakan tiket masuk lima ribu rupiah per orang, dan sepuluh ribu rupiah untuk mobil. 


Sampai di tepian waduk Jatiluhur anda akan disuguhi pemandangan indah di sekliling danau.  Disini terdapat beberapa fasilitas antara lain:
- Taman Bermain untuk anak
- Sewa perahu canoe
- Perahu motor untuk berkeliling danau
- Warung makan di tepi danau, atau restaurant terapung. 



Apabila anda ingin menikmati makan siang di restaurant terapung, anda dapat menyewa kapal motor seharga 200ribu rupiah/unit untuk kapasitas sekitar 10 orang. Lalu anda akan dibawa menuju restaurant terapung yang berada di tengah danau Jatiluhur, diantaranya restaurant Kampung Air Luhur. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk mencapai restaurant ini.


Menu makanan disini lumayan bervariasi, tentunya mayoritas adalah menu ikan, yang memang dibudidayakan di karamba. Jadi ikan yang dimasak adalah fresh from karamba. Kami memesan menu makan siang yang terdiri dari nasi gurami bakar kecap, nila hitam goreng kering, sop patin special, tahu tempe, kangkung tauco dan lalapan.  Oh ya, disini juga ada paket untuk event khusus lho, di buku menu tertulis paket kapal carter, karaoke, live music, organ + 3 artis. Mungkin kalau ada yang acara ultah atau
 
 
 
 
 
Sambil menunggu makanan siap dihidangkan, anda dapat melihat-lihat restaurant ini dan di sekitar kampung apung ini. Di dinding restaurant anda dapat melihat  dokumentasi beberapa foto selebriti dan tokoh pernah datang ke kampung air luhur, diantaranya Tya Ariestya, Asrul Dahlan, Ust. Nur Maulana, lalu ada juga shooting kuliner Trans7 dan smartfren.  


Sedangkan di bagian luar resto Anda dapat melihat-lihat kolam karamba ikan. Disini ada beberapa karamba untuk berbagai jenis dan ukuran ikan.
 
 
 
 
Di restaurant terapung ini terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, toilet dan saung yang berada di bagian depan restaurant.

1 komentar:

  1. jika anda butuh nomor togel di jamin 100% tembus silahkan hub AKI SAJIWO di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

    BalasHapus