Vihara Vipassana Graha, Pagoda ala Thailand yang ada di Lembang

Vihara Vipassana Graha berlokasi di Jl. Kol. Masturi no.69, Lembang, Bandung.  Vihara ini terhitung unik dibandingkan dengan vihara-vihara lain di Indonesia, bahkan berbeda dengan vihara yang kita temui di Thailand yang kebanyakan berwarna emas.


   

Untuk masuk ke dalam area Vihara anda disarankan untuk meminta ijin untuk kepada Satpam yang berjaga di pintu gerbang vihara ini. Begitu masuk ke sebelah kiri Vihara akan tampak halaman vihara yang lumayan luas dengan hiasan bunga bougenville yang menjulang tinggi.


Komplek ini terdiri dari beberapa bagian antara lain berupa ruang meditasi, gedung serba guna, dapur, dll. Di bagian tengah terdapat bangunan candi maha panca bala, anda dapat masuk dan melihat-lihat ruangan atau ornamennya. 



Di seputar vihara terdapat beberapa tanaman bunga cantik bahkan terdapat beberapa pohon dengan tulisan kalimat-kalimat bijak. Di bagian depan candi utama terdapat gazebo yang dapat anda gunakan untuk beristirahat sebentar sebelum berkeliling ke bagian lainnya. Di bagian depan gedung serba guna terdapat patung dua ekor gajah putih yang sedang mengangkat roda dengan belalainya.
 
Kata-kata bijak yang tertempel di pohon-pohon di sekitar vihara
Gazebo untuk beristirahat bila Anda lelah berkeliling
Patung Budha berbaring
Salah satu altar sembahyang


Patung gajah yang berada di bagian depan Vihara
Vihara ini mendiami kawasan seluas 2 hektare dengan lingkungan yang sejuk  sehingga pantaslah jika menjadi pusat meditasi. Tempat ini memanglah digunakan untuk beribadah umat Budha, tetapi terbuka juga untuk umum. Harap diingat untuk mengunjungi area ini pengunjung diharapkan berpakaian sopan, menghormati dan menghargai tempat ibadah. Untuk memasuki tempat ini anda tidak dipungut biaya alias GRATIS. 

Jadi bila anda sedang berlibur ke Lembang tak ada salahnya jika anda menyempatkan mengunjungi vihara ini selain itu lokasi vihara ini juga dekat menuju ke Restauran Kampung Daun ataupun Restauran Sapu Lidi serta kampung Gajah. Keluar dari lokasi ini anda dapat menikmati indahnya tanaman bunga-bunga yang di sepanjang jalan Kol. Masturi. Kalau anda berminat bisa juga berhenti untuk membeli tanaman bunga untuk koleksi di taman Anda.

Alamat Vihara Vipassana Graha
Jl. Kol. Masturi No. 69
Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang
Bandung
Telp : 022-2787663/4

1 komentar:

  1. jika anda butuh nomor togel di jamin 100% tembus silahkan hub AKI SAJIWO di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

    BalasHapus