Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun binatang yang pertama kali didirikan di Indonesia berada di daerah Cikini, Jakarta Pusat dengan nama Planten En Dierentuin yang artinya "Tanaman dan Kebun Binatang". Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan areal seluas 10 hektar, kemudian pada tahun 1964 dipindahkan ke daerah Ragunan, Jakarta Selatan.  Yang kemudian diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada 22 Juni 1966 dengan nama Taman Marga Satwa Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan yang luasnya sekitar 147 hektar ini memiliki berbagai koleksi sekitar 2000 ekor satwa dan sekitar 50000 pepohonan sehingga membuat suasa kebun binatang ini sejuk dan nyaman.

Kebun binatang ini merupakan salah satu tujuan rekreasi bagi warga Jakarta karena tarifnya yang murah. Harga tiket masuk hanya 4ribu rupiah untuk dewasa, dan 3ribu rupiah untuk anak-anak. Dengan harga yang murah ini tak salah lagi jika di saat liburan akan dipadati oleh penggunjung. Kebun bintang Ragunan menerapkan hari libur satwa yang jatuh pada hari senin, dan apabila hari senin adalah hari libur nasional, maka pelaksanaan hari libur satwa pada hari selasa.

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di Taman Marga Satwa Ragunan:
  • Taman Satwa Anak
Taman Satwa Anak merupakan taman satwa yang menampilkan beberapa satwa yang disukai anak-anak seperti: ikan raksasa arapaima gigas yaitu ikan dengan berat mencapai lebih dari 100 kg, burung kakatua yang pandai berbicara, mini terrarium yang terdapat ular condrophyton yang indah warna-warninya, kapibara yaitu jenis rodentia raksasa (satwa pengerat) dilengkapi dengan sarana permainan anak-anak seperti ayunan, jaring laba-laba dan sebagainya. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 2.500.


  • Aquarium Arapaima
 Ikan raksasa dari sungai Amazon ini dapat dilihat di Kolam Arapaima yang berada di area Taman Satwa Anak Ragunan. Aquarium Arapaima menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan menjadi salah satu edukasi tentang akan keberadaan ikan air tawar tersebut.

 aquarium arpaima


  • Rekreasi Anak 
Setelah melihat-lihat koleksi binatang yang ada di Taman Margasatwa Ragunan ini, anak-anak dapat menikmati rekreasi anak seperti:
- Kuda Tunggang
- Onta Tunggang, tiket Rp 7,500
- Gajah Tunggang, tiket Rp 7,500
- Kereta Keliling, tiket Rp 7,500
- Sepeda, harga sewa Rp 10,000/jam (sepeda tunggal) dan Rp 15,000 (sepeda ganda)


















 
 
 








  • Taman Refleksi
Taman refleksi merupakan area dengan berbagai macam bunga dengan suasana santai dan menyejukkan. Dengan jalur pedestrian yang dibuat khusus sehingga banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk refleksi kaki.
Taman Refleksi
  • Pusat Primata Schumutzer
Pusat Primata Schmutzer adalah salah satu pusat primata berkelas internasional yang mempunyai peranan dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata. Berbagai jenis primata Indonesia terwakili di sini dengan beberapa primata eksotisnya antara lain: orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya. Kompleks seluas 13 ha dirancang dengan konsep open zoo dimana satwa yang tinggal di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

 
 









Memasuki area pusat Primata Schmutzer anda akan melihat sebuah enklosur yang tertata secara menarik dan artistik. Koleksi satwa yang menjadi andalan adalah dari jenis primata dengan icon orangutan dan gorilla. Pintu gerbangnya berbentuk setengah lingkaran menyerupai kubah raksasa dengan tangga menuju ke jembatan yang merupakan salah satu cara melihat gorilla dataran rendah dari atas jembatan tersebut.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Dari atas jembatan anda dapat mengamati gorilla. Yang merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia. Berat tubuhnya mencapai lebih dari 100 kg. Pada jam 12 siang pengunjung dapat menyaksikan petugas memberikan makanan (feeding time) gorilla. Atraksi ini sangat menarik dan karena pengunjunga bisa melihat secara langsung bagaimana gorilla yang pemalu ini makan.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Selain melihat satwa primata, anda dapat mempelajari kehidupan primata melalui beberapa fasilitas yang ada di dalam pusat primata schmutzer antara lain : dapur makanan satwa, fasilitas pendidikan dengan adanya ruang teater pemutaran film dokumenter, diorama satwa serta perpustakaan.

Tiket masuk Pusat Primata Schmutzer adalah (senin-jumat : Rp.6.000,-) dan (sabtu-minggu dan hari libur nasional : Rp.7500,-). Apabila anda ingin menyaksikan film dokumenter Primata anda dikenakan biaya Rp. 150.000 untuk sekali putar dengan kapasitas tempat duduk 85 kursi.

Alamat:
Jl. Harsono RM No. 1

Ragunan, Pasar Minggu
Jakarta Selatan
Telp. : (021) 7884 7114

Transportasi:
Trans Jakarta, turun di Halte Ragunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar